Selasa, 06 Maret 2012

Kembali Ngeblog

Saat ini aku telah menginjak semester ke-6. Tak terasa waktu begitu cepat bergulir meninggalkan masa lalu yang begitu penuh perjuangan. Sekitar hampir 3 tahun sudah aku kuliah di daerah yang terkenal akan hasil alamnya ini. Universitas Mulawarman, aku sangat berterima kasih telah kuliah di sini. Walaupun dulu aku begitu meragukannya. Dengan kegigihan tanpa kenal pantang menyerah, aku berusaha untuk belajar tentang komputer. Tak lupa pula aku ucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikanku kesempatan, kepada orang tuaku, dan orang-orang yang selama ini memberikan semangat dan bantuan kepadaku.

Dasar aku sebenarnya adalah elektronika, tapi entah mengapa aku memilih kuliah di jurusan ilmu komputer. Waktu itu aku berpikir kalau komputer itu merupakan bagian dari elektronika. Karena perangkat keras komputer tersusun oleh perangkat elektronik. Namun setelah aku menjalani kuliah, ternyata tidak seperti dugaanku. Hal yang dipelajari justru teori dan kebanyakan diisi oleh pemrograman komputer. Awalnya aku berpikir hal ini mungkin sulit bagiku. Kucoba mengukuhkan niatku untuk tetap melanjutkan kuliah ini atas dorongan dari kedua orang tuaku. Dan hasilnya saat ini aku bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal baru yang aku temukan di sini. Teman-teman telah banyak mengajarkan hal baru kepadaku. Tentunya aku tidak terima semua dengan begitu saja. Memfilter hal yang menurutku positif, itulah yang aku lakukan hingga saat ini.

Saat kuliah pertama, aku merasa begitu sangat berbeda dari apa yang aku alami di sekolah. Kuliah ternyata sangat berbeda dengan sekolah seperti di tingkat SMA/SMK. Saat kita bersekolah, guru membimbing kita tentang pelajaran-pelajaran yang diajarkan. Berbeda dengan kuliah, dosen hanya memberikan semacam dorongan dan tentunya kita sendiri yang harus berusaha sendiri untuk mengembangkan ilmu itu sendiri. Jadi gambarannya, dosen hanyalah berperan sebagai motivator bagi mahasiswa.

Telah ada banyak kenangan tak terlupakan semasa kuliah di sini hingga saat ini. Di mana awalnya aku adalah sosok yang begitu sangat pendiam. Memang begitulah karakterku sejak kecil. Namun setelah menjalani perkuliahan ini, mahasiswa dituntut untuk selalu aktif, baik itu aktif dalam belajar maupun aktif dalam menyampaikan pendapat di depan forum. Bagi aku komunikatif adalah hal yang paling susah. Banyak ide dalam pemikiranku yang ingin aku sampaikan, namun tidak bisa aku sampaikan kepada orang lainn.

Karena merasa kurang dalam hal berkomunikasi aku termasuk orang yang memiliki nasib yang buruk. Selalu mengalami kegagalan dalam menjalin suatu hubungan dengan lawan jenis. Namun aku telah mengukuhkan dalam hatiku bahwa aku harus berubah, aku tidak mau begini terus. Akhirnya aku berkonsultasi kepada teman-teman yang pergaulannya bagus. Aku mencoba untuk lebih komunikatif dan tidak kaku. Dalam setiap sesi tanya jawab, aku mencoba menyampaikan pendapatku. Hasilnya lumayan, kini aku bisa merasa lebih percaya diri dengan kemampuanku saat ini. Namun aku tidak boleh begitu berbangga hati atas semua ini, justru aku masih perlu banyak belajar lagi. Dan aku sangat berterima kasih kepada teman-teman yang selalu memberikan aku semangat dan bantuan selama ini.

Kini aku sedang memikirkan bagaimana menyelesaikan permasalahan yang aku buat di semester-semester sebelumnya. Namanya penyesalan itu selalu datangnya di akhir, jika penyesalan itu datangnya di awal-awal tentunya kehidupan itu sangat bahagia. Namun tidak semudah yang kita pikirkan, kadang yang namanya manusia itu terlena dengan ambisi dan tidak menyadari akan resiko yang akan ada di depannya. Tapi selama masih ada jalan dan kesempatan, kita masih bisa berusaha untuk memperbaiki kesalahan kita di masa lampau. Waktu itu akan terus berjalan, takkan bisa kembali ke masa lampau, jadi intinya sekarang adalah membuka pikiran kita dan lakukan hal yang terbaik untuk masa depanmu. Semoga apa yang kita harapkan dan cita-citakan dapat terlaksana dengan lancar... Amin. Teruslah perjuangkan harapan dalam hatimu :)

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda seputar postingan di atas